Senin, 28 November 2011

MAKNA DAN PERANAN MUSIK DALAM KONTEKS SOSIAL BUDAYA


Nama  :           Mega Aprilia Puspasari
Kelas   :           1IA05
Npm    :           54411379


MAKNA DAN PERANAN MUSIK DALAM KONTEKS SOSIAL BUDAYA
                       
Dalam kehidupan manusia tidak dapat mengelak dari music dan mendengarkan music. Keterlibatan tersebut dapat dilakukan dengan menyaksikan pertunjukkan secara langsung atau lewat radio, televisi, VCD, dan tape-recorder.  Suara musik memiliki kekuatan atau arti yang langsung menyentuh pendengarnya secara fisik atau psikologis.  Kenikmatan masyarakat dalam mendengarkan musik beraneka ragam sifat, kenikmatan music itu dibagi menjadi dua, yaitu :
1.      Dari susunan suara-suara music itu sendiri sebagai organisme yang hidup yaitu keindahan melodi dan keserasian suara oleh warna-warnanya.
2.      Dari emosi yang terbawa oleh susunan nada-nada rasa haru.

Hal ini sebagai makna, sari atau arti musik yang kita dengar. Persoalan peresapan keindahan yang melibatkan emosi kita, termasuk hukum-hukum keindahan yang kreatif. Musik yang baik dalah yang dapat sebagai alat peruraian rasa, jiwa dan rohani manusia.

1.Jenis-jenis Musik Modern Sesuai Dengan Penyairnya Dalam Masyarakat
Musik modern merupakan perkembangan dari seni music sebelumnya.  Dalam kehidupan music ada jenis music yang dianggap baru dala masyarakat dan menjadi sensasi atau bahan perdebatan pro dan kontra. Tapi di sisi lain kita juga harus menyadari bahwa budaya atau seni tersebut selalu berkembang terus serta saling mempengaruhi satu sama lain terutama di era global seperti saat ini. Kemajuan teknologi informasi menyebabkan kita dengan cepat menerima informasi dari luar melalui radio, televisi , internet, surat kabar, atau majalah, rekaman CD atau kaset. Musik modern, awal tumbuhnya dari barat oleh sebab itu music modern kadang disebut musik barat. Music barat tersebut berkembang dan masuk ke berbagai Negara, termasuk Indonesia.
a.      Fungsi musik modern dalam masyarakat
1)      Sebagai hasil kreativitas manusia, musisi atau komponis, untuk menciptakan bentuk-bentuk atau corak dalam music vocal maupun instrument.
2)      Sebagai media ekspresi, mengungkapkan perasaan batin dan emosi lewat musik.
3)      Sebagai hiburan yang menggelorakan, penuh dinamika dan ritmenya mengalir terus-menerus dan menimbulkan gerak.
b.      Jenis musik modern
1)      Pop atau barat
Alat musik terdiri dari beberapa gitar elektronik, drum, alat-alat tiup, organ, dengan disertai vokalis dan sound system yang pada umumnya cocok untuk generasi muda.
Musik pop banyak penggemarnya di masyarakat.

2)      Rock atau underground
Aliran music yang bentuk komposisinya melodi dan harmoni yang penuh dengan iprovisasi dissonan yang memekakkan telinga lagu-lagunya dibawakan dengan penuh emosi yang berkobar-kobar. Peralatan musiknya serba elektronik yaitu sound system berkekuatan ribuan watt.

3)      Jazz
Dimaikan atas dasar ritme dan perasaan disertai dengan spontanitas. Permainannya banyak menggunakan improvisasi-improvisasi vokalis jazzdiberikan kebebasan menuangkan perasaan dan menghasilkan improvisasi, yang sebagai arti jazz.

4)      Karawitan
Berasal dari kepulawan Hawai dengan karakter yang halus dan sopan. Alat instrument yang menonjo adalah karawitan gitar (letak senarnya lebih tinggi dari senar biasa). Dimainkan dengan dua tangan.


2.Observasi Pagelaran Musik Modern
    Untuk mengetahui lebih dekat dengan karakter dan keunikan music modern kita dapat    melakukan observasi. Caranya dengan melihat langsung pertunjukan tersebut atau dapat melihat melalui suara radio, televisi, atau VCD.
Dari hasil observasi pertunjukan music, dapat kita simpulkan sebagai berikut :
a.       Jenis music dan nama grup music yang tampil.
b.      Kapan waktu pertunjukan dan diadakan dimana.
c.       Nama personil dan alat yang di pegangnya.
d.      Teknik dan gaya permainannya.
e.       Lagu-lagu yang dibawakan apa saja dan berapa lagu.


3.Keunikan Karya Musik Modern
    Musik modern dapat dikatakan sebagai music dunia atau mendunia. Para komponis dalam menciptakan karya-karyanya pada umumnya mmiliki bobot seni yang tinggi. Artinya, banyak disenagi penggemarnya, suara instrumental music tersebut dapat bertahan lama, tidak lekas using meskipun telah puluhan tahun menipta. Misalnya lagu-lagu karya The Beatles, Westlife, Queen Rolling Stones dan The Beeges dari Australia dan masih banyak lainnya.
Karakteristik atau keunikan karya music modern barat antara lain :
Penulisan partitur (teks lagu) dibuat lengkap, yang terdiri dari beberapa hal berikut :
a.       Nada dasar lagu.
b.      Tanda tempo, namun ada juga perubahan tempo pada partitur music lagu lalu kembali ke tempat asal.
c.       Disertai dengan akor.
d.      Ada pola irama.
e.       Dilengkapi dengan partitur music.
f.       Melidi dibuat lebih dari satu suara.
g.      Terjadi pengulangan melodi.
h.      Sering adanya modulasi.
i.        Terdapat tanda-tanda dinaamik/tanda ekspresi lagu.
Pada music modern umumnya sebuah karya lagu atau music dibuat dengan penulisan partitur yang lengkap, menyajikan penyaji music atau pembawa lagu dapat menjiwai dan bermain dengan baik atau maksimal seperti yang dikehendaki atau dipesankan oleh pencipta music atau lagu.
Jadi dalam penciptaan lagu dibuat dengan kesungguhan, penuh dengan curahan perasaan dan ide-ide yang cemerlang, sehingga tidak sekedar asal-asalan. Sehingga bila kita amati lagu-lagu barat pada umumnya bisa bertahan lama, tidak membosankan dan dapat diterima dimasyarakat di berbagai bangsa di dunia.

Referensi : LKS PRIORITAS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar