Selasa, 29 November 2011

PERANG BADAR


Nama :         Mega Aprilia Puspasari
Kelas :         1IA05
Npm :         54411379


PERANG BADAR


          Perang badar adalah perang antara Nabi Muhammad SAW beserta umat islam dan kaum kafir Quraisy. Perang badar terjadipada hari jum’at tanggal 17 Ramadhan tahun ke-2 H (13 Maret 624 M). semula Rasulullah SAW dan para sahabat mengambil posisi dekat mata air Badar. Salah seorang sahabat Nabi SAW, Hubab bin Nunzir, tidak setuju terhadap pengambilan posisi tersebut.
            Lalu ia bertanya kepada Rasulullah SAW, “Wahai Rasulullah apakah posisi yang kita ambil ini berdasarkan wahyu Allah, apa hanya pendapat tuan sendiri?” Rasulullah SAW menjawab, “Ini hanya pendapatku sendiri dan bukan wahyu Allah.” Hubab bin Munzair berkata, “Wahai Rasulullah, menurut pendapatku posisi yang kita ambil ini tidak tepat. Posisi yang paling tepat adalah dekat mata air yang berdekatan dengan musuh. Kalu tuan setuju mari kita semua pindah kesana, kita gali didekat mata air itu sumur-sumur yang cukup dalam, lalu kita penuhi dengan air.
            Setelah bermusyawarah, Rasulullah SAW menyetujui pendapat Hubab bin Munzir dan melaksanakannya sehingga Nabi Muhammad SAW dan umat Islam dalam Perang Badar tersebut memperoleh kemenangan yang gemilang.




Sumber                  : Buku Pendidikan Agama Islam Erlangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar